TOYOTA FORTUNER ATAU MITSUBISHI PAJERO SPORT? MANA YANG LEBIH UNGGUL?

fortuner vs pajero sport 2019

TOYOTA FORTUNER VNT TRD SPORTIVO A/T

Ini dia mobil Toyota yang meluncur pada tahun 2005, facelift 2008 dan 2011. Varian dress-up TRD Sportivo pada Fortuner tidak dimiliki oleh Pajero Sport. namun sejak Tahun 2010 yang lalu Fortuner sudah memiliki varian yang lebih sporty tersebut lebih dulu. Fortuner yang satu ini lebih murah yaitu hanya Rp 19,1 juta rupiah, desainnya juga mungkin lebih dinamis dari Dakar yang kaku, namun ia kalah performa dari Dakar. Ia tak kalah gagah dengan Pajero Sport. Body kit racikan TRD menambah gagah penampilannya di depan dan belakang. Terlihat sesuai dan cocok dengannya, walaupun kadang terkesan ndeso.

Interior yang de javu dengan Hilux dan Kijang Innova. Sayang, ia belum dilengkapi jok kulit seperti halnya Dakar. Padahal hal itu krusial untuk menambah kemewahan kabin Fortuner. Desainnya juga sudah uzur. Head unit yang sudah bermonitor sudah biasa, bukan barang mahal apalagi di kelas Medium SUV.

Ini dia mesin 2.494 cc yang sudah disempurnakan pada September 2012. VNTurbo yang telah diaplikasikan ke Toyota Hilux menambah tenaga dan torsinya dari 102 dk dan 265 Nm menjadi 144 dk dan 350 Nm. Torsinya setara dengan Pajero Sport Dakar. Konsumsi BBM-nya lebih irit dibanding Dakar, dalam kondisi riil 10,52 km/l (kombinasi, manual), hasil pengukuran majalah mobilmotor pada ICOTY 2012.

MITSUBISHI PAJERO SPORT DAKAR A/T 4×2

Pajero Sport Dakar memiliki tenaga 176 dk dan juga torsi 350 dk. Yang dimana itu Lebih besar dari Pajero Sport biasa yang hanya 136 dk dan 314 Nm. Ia juga dibekali pelek dan gril spesial yang menambah gagah Dakar. Konsekuensinya, Harga Pajero ini terdongkrak Rp 38 juta.

Lampu belakangnya cukup gagah, namun tidak semua menyukai modelnya. Karena itulah lampu belakang aftermarket Pajero Sport marak di pasaran. Lampu merah dengan sedikit aksen kuning untuk lampu sein. Lampu mundurnya ada dibawah, bersebelahan dengan reflektor. Interiornya lebih mewah dari Fortie dengan dua warna, hitam dan krem. Jok kulit meningkatkan kemewahan dan kenyamanan, menghilangkan kesan murahan dari jok fabric si Fortuner. Inilah mesin Hi-Power sang penantang. 2.477 cc 176 dk, 350 Nm. Tenaganya memang lebih besar 32 dk dari Fortuner, tapi torsinya tetap sama, 350 Nm. Tetap saja Dakar lebih unggul di performa. 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya selama 10,90 detik, lebih cepat dari Fortuner yang cuma 12,42 detik.

Pada tanggal 24 Mei lalu, Pajero Sport edisi spesial ini telah diluncurkan. Masalah tampilan, pada bagian depan lampu LED yang ditempel di lubang udara bawah memberi kesan mewah. Body kit-nya yang sangat mirip Fortuner TRD juga membuatnya semakin elegan sekaligus sporti. Selain itu, didepan tidak ada lagi ubahan. Padahal kalau mau lebih garang, lampu depan bisa di-smoke. saat Pajero Sport Limited baru diluncurkan penulis mengharapkan lampu belakangnya diganti dengan yang LED atau crystal dan semacamnya. Ternyata lampu belakangnya masih serupa. Namun Tetap saja Dakar unggul di performa. 0-100 km/jam dapat ditempuh 10,90 detik, lebih cepat dari Fortuner VNT matik yang cuma 12,42 detik.

Namun sekali lagi Fortuner kembali memenangkan komparasi ini. Harus diakui, Pajero Sport memang kuat dalam performa. Namun, Fortuner unggul di beberapa poin lainnya seperti desain eksterior yang lebih manis, lebih praktis dan lebih mudah dikendalikan.


shares