Tips Tepat Pilih Colocation untuk Perusahaan

Tips Tepat Pilih Colocation untuk Perusahaan

Digitalisasi era saat ini mengarahkan pada pemenuhan kebutuhan akses data setiap waktu, terlebih untuk kegiatan operasional perusahaan. Colocation atau rak penyimpanan data tentu saja sangat menunjang akses data secara utuh di pusat data. Anda harus memilih rak penyimpanan terbaik agar akses data selalu lancar. Inilah tips tepat untuk memilihnya.

  1. Menentukan Kebutuhan Colocation

Penentuan kebutuhan sangat perlu dilakukan sebagai dasar penentuan pemakaian colocation agar sesuai. Oleh karena itu, tips pertama dalam memilih tempat penyimpann data adalah menentukan kebutuhan. Anda dapat memperkirakan kapasitas data yang akan disimpan dalam jangka panjang.

Setelah mengetahui estimasi kapasitas data, Anda dapat melakukan penyewaan rak penyimpanan serverdi layanan pusat data. Pihak penyedia layanan akan menyesuaikan antara kapasitas data dengan rak penyimpanan sekaligus dengan sumber daya yang diperlukan.

Anda juga dapat memilih jasa pusat data yang mempunyai layanan konsultasi untuk mempertimbangkan kesesuaian antara kebutuhan dan biaya yang harus dikeluarkan. Dengan kesesuaian tersebut, Anda akan mampu mendapatkan efisiensi sumber daya dan pemenuhan kebutuhan akses data yang optimal.

  1. Memilih Layanan Pusat Data Kredibel

Setelah menentukan kebutuhan, Anda bisa langsung menentukan layanan pusat data yang terpercaya atau kredibel. Kredibilitas ini sangat penting untuk menunjang perolehan layanan kebutuhan penyimpanan dan pengelolaan data. Anda dapat mengambil beberapa pilihan pusat data terpercaya yang menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan.

Pilihan tersebut kemudian dibandingkan untuk mendapatkan yang paling sesuai. Intinya, Anda harus memilih jasa colocation yang banyak direkomendasikan sebagai salah satu ciri bahwa jasa tersebut terpercaya. Agar lebih mudah, pilihlah pihak jasa yang sudah berpengalaman serta mempunyai kelengkapan layanan.

  1. Memastikan Lokasinya Aman

Keamanan lokasi juga harus diperhitungkan demi kelancaran layanan dalam penyimpanan dan pengaksesan data. Pengelolaan data dalam jangka panjang juga akan terjamin jika letak pusat data penyimpanan berada di lokasi yang aman. Anda harus memastikan bahwa lokasi penyimpanan data berada di lokasi yang strategis, jauh dari bencana, dan jauh dari risiko.

Lokasi yang aman tersebut tentunya sangat menjamin keutuhan data dalam jangka panjang. Risiko kerusakan atau bahkan kehilangan data juga bisa diminimalisir dengan menempatkan data di data center yang aman.

  1. Memastikan Kehandalan Sistem

Kehandalan sistem ini berkaitan dengan teknologi dan komponen penyusunnya. Jaringan infrastruktur yang dibangun untuk sebuah sistem pusat data haruslah yang terbaik. Hal ini menjadi kunci dalam penyimpanan dan pengelolaan data. Sistem penyimpanan di pusat data akan tergolong handal jika mempunyai tingkatan yang mumpuni, yaitu mulai tier III.

Rangkaian pusat data tier III ini dapat diandalkan untuk menunjang kelancaran pemakaian layanan penyimpanan dan pengelolaan data. Akses data dengan sistem no shut down akan selalu tersedia dengan pemakaian power supply yang efisien. Sistem redundan dari tier III ini juga kompleks, sehingga sistem maintenance dapat berjalan efektif dan menyeluruh,

  1. Mempertimbangkan Harga agar Sesuai

Hal terakhir yang perlu dipikirkan adalah soal harga. Hal ini sangat menentukan pemenuhan kebutuhan penyimpanan dan pengelolaan data. Anda akan memperoleh layanan yang sesuai jika kebutuhan dan harga layanan memang sesuai. Untuk itu, penuhilah kebutuhan terlebih dahulu dengan penyesuaian harga dengan kemampuan finansial.

Pilihan yang terbaik untuk rak penyimpanan harus diupayakan demi mendapatkan layanan lengkap dan optimal. Dengan menerapkan tips di atas, Anda akan mendapatkan colocation terbaik untuk perusahaan. Lintasarta adalah suatu jasa colocation berstandardisasi dan sudah banyak direkomendasikan. Layanannya juga lengkap dan Anda bisa berkonsultasi.


shares