Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak dengan Mainan di Kidz Station

Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak dengan Mainan di Kidz Station

Mainan merupakan alat untuk bermain, yang meskipun bisa digunakan oleh semua orang tetapi lebih identik untuk anak-anak. Inilah mengapa mainan orang dewasa maupun anak dibedakan dan disesuaikan dengan usia target pembeli mainan tersebut. Jika mainan untuk orang dewasa digunakan sebagai media bersenang-senang, mainan untuk anak memiliki peranan yang penting bagi tumbuh kembangnya. Untuk itulah orang tua harus dapat memberikan mainan yang benar, contohnya seperti mainan yang ada di Kidz Station, yang rerata memiliki tujuan untuk perkembangan sensorik maupun motorik si kecil.

Macam-Macam Mainan untuk Perkembangan Si Kecil

Sebelum membelikan mainan untuk buah hati, ada baiknya kita semua tahu jenis-jenis atau kategori mainan yang baik untuk perkembangan si kecil.

Mainan untuk anak biasanya dibagi menjadi mainan untuk perkembangan fisik secara keseluruhan, contohnya adalah mainan yang membuat anak bergerak secara aktif, seperti mobil-mobilan kecil yang bisa dikendarai, sepeda yang membuat kaki si kecil mencoba menggerakkan pedal, bermain puzzle, sekop untuk berkebun atau bermain pasir, balok-balok untuk disusun menjadi bentuk tertentu.

Untuk mengembangkan fungsi sensorik si kecil, Anda dapat memberinya alat musik, bermain pasir, play dough, meniup gelembung, atau bermain dengan air entah itu di kolam dangkal maupun menyemprot air dari keran.

Supaya si kecil dapat mengembangkan imajinasinya terhadap kehidupan sehari-hari dan berinteraksi sosial, cobalah beri dia boneka, buku cerita, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Kemudian, supaya anak semakin kreatif, permainan seperti clays atau krayon akan sangat mengembangkan kecerdasan dan kemampuan berpikirnya.

Fungsi Mainan untuk Buah Hati Kita

  1. Mainan sebagai media untuk belajar macam-macam hal

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa mainan dibuat dan dimasukkan ke dalam kategori berbeda-beda. Itu artinya, mainan memiliki berbagai fungsi untuk memberikan pengajaran pada si kecil. Mulai dari belajar merasa, melihat, mencipta sesuatu, dan lain sebagainya.

Contoh sederhananya, Anda membeli sebuah bola kepada si kecil. Ketika ia melemparkan bola tersebut ke atas, maka bola akan jatuh dan kembali ke tanah, begitu terus berulang-ulang. Dari sana, anak akan belajar bahwa ketika apa pun itu yang dilempar ke atas, akan jatuh.

  1. Mainan akan meningkatkan kreatifitas dan imajinasi

Pada dasarnya anak kecil sangat suka berimajinasi, oleh sebab itu untuk meningkatkan daya imajinasi si Kecil dan membuatnya semakin kreatif, orang tua pun sebaiknya memfasilitasi dengan mainan yang turut mengembangkan kemampuannya. Misalnya, si anak suka melihat berbagai macam makanan dan ingin meniru si ibu memasak, maka cobalah memberikannya mainan masak-masakan entah itu dari clay atau bahan lainnya.

  1. Mainan dapat meningkatkan perkembangan otot dan fisik si Anak

Anak yang aktif tentu akan semakin sehat dan berkembang dengan baik, karena otot-otot tubuhnya terbentuk dengan baik dan tidak kaku. Permainan yang mengandalkan fisik juga membuat si kecil berkeringat sehingga sama dengan berolahraga. Fisik yang digerakkan setiap hari tentu akan lebih sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mainan dapat meningkatkan kepercayaan diri

Permainan yang membutuhkan kemampuan berpikir seperti puzzle, menata balok, atau bahkan meniup gelembung biasanya akan sangat disukai si Kecil. Jenis permainan tersebut membutuhkan effort yang cukup besar dari anak, sehingga orang tua perlu memberikan mereka apresiasi ketika berhasil melakukannya. Apresiasi dari Anda inilah yang akan membuat mereka berbangga diri dan semakin percaya diri. Si Kecil akan berpikir, jika melakukan hal ini saja bisa, mereka pun dapat melakukan hal lainnya.

Itulah pentingnya membelikan mainan yang baik dan bermanfaat untuk buah hati. Selain membelinya di Kidz Station, bisa juga Anda membuatnya sendiri di rumah.


shares