Tanda dan Gejala Kanker Lidah

Kanker Lidah adalah kanker paling umum pada kanker rongga mulut dan lebih sering terjadi pada pria di atas usia 50.

Sebagian besar kasus kanker lidah tidak menemukan penyebab penyakit, tetapi telah ditemukan bahwa ada sejumlah faktor risiko yang terkait dengan penyakit, termasuk merokok, alkohol, mengunyah pinang, kebersihan mulut yang buruk. , Infeksi HPV, defisiensi vitamin A, E, D, zat besi, buah.

Ada beberapa gen yang terlibat dalam kanker lidah seperti Bcl-2, Bax, dan P53.

Tanda dan Gejala Kanker Lidah

Tahap pertama: Gejala sering kali buruk atau diabaikan.

  • Pasien merasa seperti memiliki benda asing atau tulang ikan yang dimasukkan ke lidah, sangat tidak nyaman tetapi cepat lewat. Pada tahap ini lidah memiliki penampilan menonjol dengan perubahan warna, mukosa putih, fibrosis atau bisul. Rusak, padat, tidak lembut seperti biasanya. Beberapa pasien memiliki kelenjar getah bening pada tahap ini
  • Full-blown: nyeri yang menyakitkan saat makan, rasa sakit jangka panjang membuatnya sulit untuk berbicara. Penderita mungkin demam karena infeksi, tidak bisa makan sehingga tubuh cepat ambruk.
  • Nyeri: Meningkat saat Anda berbicara, mengunyah dan terutama saat makan pedas, makanan panas, kadang-kadang menyebar ke telinga
  • Air liur meningkat.
  • Pendarahan: saat meludah berdarah.
  • Beberapa kasus menyebabkan rahang yang kaku, lidah yang kaku membuat sulit untuk berbicara dan menelan
  • Ulkus di lidah, pada ulkus yang ditutupi dengan perdarahan pseudomembran, perkembangan cepat maag, menyebar ke gerakan terbatas lidah, tidak bergerak. Lesi biasanya mengalami ulserasi, terdiri dari lesi yang tidak rata di bagian bawah dengan nanah, laserasi berdarah, dan perdarahan akibat benturan. Kadang-kadang tidak ada tanda-tanda ulkus yang merupakan swasta besar diikat ke lapisan bawah, menjorok di bawah bentangan lapisan halus, dengan pucat ungu, lapisan pori lubang kecil saat mengklik akan cairan zat Putih, produk nekrotik di bagian bawah.
  • Tahap lanjutan dari bisul bisa mendominasi, kedalaman ulkus menyebar ke permukaan atau di bawah lidah ke mulut lantai menyebabkan sakit parah, beberapa infeksi, bau, perdarahan sangat mudah bahkan mungkin penyebabnya Lebih banyak pendarahan mempengaruhi kehidupan
  • Kebanyakan lesi ditemukan di tepi bebas lidah, kadang-kadang ditemukan di bagian bawah lidah, di lidah atau di ujung lidah.

Cara Mendiagnosis Kanker Lidah

Diagnosis: Berdasarkan gejala klinis dan subklinis di mana yang paling penting adalah pemeriksaan histopatologi: biopsi untuk diagnosis definitif.

Tes-tes lain untuk mendiagnosa tahap penyakit seperti studi sitologi dengan limfadenopati servikal, menembak XQ rahang bawah, XQ cardiopulmonary, dihitung dada tomography, magnetic resonance tengkorak noo, radiasi tulang honh, PET / CT … untuk menilai status metastatik.

Siapa yang rentan terhadap kanker lidah?

  • Ada fakta bahwa pria lebih rentan terhadap kanker lidah dan penyakit lidah lainnya daripada wanita. Alasannya masih alkohol dan rokok. Menurut perkiraan Perancis, hingga 80-90% kanker lidah terkait dengan tembakau dan alkohol.
  • Selain itu, kita berisiko terkena kanker lidah (tidak menggunakan tembakau atau alkohol) jika kebersihan mulut tidak dijamin.
  • Orang setengah baya (40-66 tahun) lebih mungkin mengembangkan kanker jenis ini daripada yang lain.

shares