Kenali Tanda-Tanda Keguguran saat Menjalani Hamil Muda

Kenali Tanda-Tanda Keguguran saat Menjalani Hamil Muda

Keguguran adalah salah satu hal yang kerap menjadi kegelisahan bagi setiap ibu hamil. Pasalnya, tak hanya menyebabkan rasa sakit dan stres, namun juga bikin trauma bagi sebagian orang. Pada umumnya, tak ada tanda-tanda yang pasti tentang miskram. Namun ada beberapa tanda-tanda miskram saat hamil muda yang perlu dipahami sebagaimana berikut.

Timbulnya Rasa Nyeri

Tanda-tanda pertama yang kerap terjadi adalah rasa nyeri yang berlebihan sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman. Dalam kasus lain, Anda mungkin juga dapat mengalami kejang pada area panggul. Pada umumnya, rasa nyeri ini dapat terjadi sesudah ataupun sebelum terjadinya pendarahan sebagai tanda-tanda terjadinya miskram.

Pendarahan

Pendarahan selama masa kehamilan memang sangat identik dengan keguguran. Sebenarnya pendarahan bisa saja terjadi selama masa kehamilan normal. Namun, apabila pendarahan tersebut terjadi dalam jumlah yang banyak dan cukup sering, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke bidan ataupun dokter kandungan.

Kram Perut

Kram perut sebenarnya wajar dialami oleh wanita saat hamil muda. Biasanya hal ini disebabkan oleh otot dinding rahim yang menger asakibat hadirnya janin dalam rahim. Namun untuk tanda-tanda miskram, secara umum rasa nyeri yang ditimbulkan sangat hebat dan disertai dengan pendarahan.

Keluarnya Cairan Dari Organ Intim

Pada umumnya, cairan yang keluar hampir mirip seperti keputihan, namun lebih berwarna gelap bahkan kecokelatan. Kemudian di ikuti dengan cairan berwarna merah yang semakin lama semakin terang menyerupai darah. Apabila Anda mengalami gejala yang satu ini, segera periksakan diri ke dokter.

Hilang Tanda Kehamilan

Apabila Anda merasa tubuh menjadi normal dan tanda-tanda kehamilan pada umumnya hilang, kemungkinan besar Anda mengalami miskram. Pada umumnya, hal ini terjadi akibat menurunnya tingkat hormon. Sedangkan hormon itu sendiri bermanfaat untuk mempertahankan kehamilan. Ketika hormon menurun, semua tanda kehamilan akan hilang.

Tidak Adanya Detak Jantung Bayi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan betul-betul selama masa kehamilan adalah detak jantung bayi. Biasanya denyut jantung bayi dapat terdeteksi dengan pemindai ultrasound. Ketika detak jantung bayi tidak dapat dilacak, kemungkinan besar janin dalam kandungan sudah mati dan tidak tumbuh.

Tidak Ada Gerakan Janin

Tanda miskram ini yang paling penting. Setiap ibu hamil tentunya harus memahami setiap pola gerakan bayi yang ada dalam kandungannya. Pada umumnya, bayi dalam kandungan memiliki masa tidur selama 4 jam. Namun saat durasinya melebihi 4 jam dan Anda kehilangan pergerakannya, lebih baik segera temui dokter.

Tes Positif Berubah Menjadi Negatif

Ketika Anda melakukan tes secara berturut-turut, kemudian terdapat perbedaan antara hari pertama Anda dengan hasil positif dan di hari selanjutnya menjadi tes negatif, hal ini bukan hanya menjadi tanda-tanda miskram saja. Perubahan hasil tes ini juga dapat menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kehamilan di luar ektopik.

Nah, di atas merupakan beberapa tanda-tanda keguguran yang kerap dialami pada masa kehamilan muda.Mengetahui tanda-tanda dan penyebabnya, tentu mampu memberikan gambaran dan menepis pandangan keliru mengenai penyebab miskram. Oleh sebab itu, usahakan tetap jaga pola hidup sehat demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


shares