Jangan Panik, Ini 5 Penyebab Munculnya Flek Setelah Bercinta

Jangan Panik, Ini 5 Penyebab Munculnya Flek Setelah Bercinta

Munculnya flek atau darah saat sedang atau setelah berhubungan dengan pasangan, mungkin membuat Anda merasa kaget sekaligus takut. Hal ini tentu tak biasa, apalagi mengingat hubungan intim yang Anda lakukan bukanlah yang pertama kalinya. Agar tak lansung panik dan mengaitkan situasi ini dengan penyakit kelamin berbahaya, berikut 5 penyebabnya yang harus Anda ketahui.

  1. Kondisi Miss V yang kering membuatnya rentan terluka

Dilansir dari Health, munculnya sedikit flek atau darah setelah berhubungan, merupakan hal normal apabila sesekali terjadi. Namun, jika Anda sering mengalaminya, konsultasi ke dokter merupakan solusi terbaik. Salah satu penyebab munculnya flek atau darah adalah kondisi Miss V yang kering dan tak cukup basah saat Anda berhubungan dengan pasangan.

Saat berhubungan dalam keadaan Miss V yang kering, pendarahan mungkin terjadi karena pergesekan saat penetrasi berakibat melukai jaringannya yang sensitif. Selain itu Anda kemungkinan juga akan merasakan sakit. Beberapa opsi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan pemakaian lubricant atau pelumas, serta penambahan hormon estrogen pada Miss V.

  1. Bercinta saat menjelang menstruasi atau berdekatan dengan masa berakhirnya

Salah satu penyebab keluar darah saat berhubungan tapi tidak sakit adalah berhubungan intim saat memasuki atau sesudah masa menstruasi. Sangatlah wajar jika flek atau darah muncul saat berhubungan, saat Anda sedang memasuki awal masa menstruasi. Begitu pun jika itu terjadi tepat setelah berakhirnya menstruasi, karena flek tersebut merupakan sisa-sisa dari darah menstruasi.

  1. Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti pil dan suntik KB serta implan memang membantu pengendalian kelahiran. Namun, salah satu efek sampingnya adalah kemungkinan munculnya flek setelah berhubungan. Dilansir dari Health, hal ini terjadi karena tubuh butuh beberapa bulan untuk menyesuaikan diri dengan penggunaan alat kontrasepsi.

  1. Berhubungan setelah postpartum atau melahirkan

Terjadinya pendarahan setelah melahirkan merupakan hal wajar. Normalnya, butuh sekitar 4 sampai 6 minggu bagi rahim dan organ kewanitaan Anda untuk sepenuhnya bebas dari pendarahan. Jika Anda dan pasangan melakukan hubungan intim pada masa ini, kemungkinan munculnya flek serta darah sangatlah tinggi. Sebaiknya, tunda hubungan intim sampai tubuh Anda kembali normal.

  1. Berhubungan intim pada masa awal kehamilan

Terkadang, Anda sama sekali jika Anda telah berbadan dua. Hubungan intim yang terjadi pada masa awal kehamilan bisa menyebabkan munculnya flek setelah berhubungan. Jika ini terjadi dan Anda menyadari bahwa menstruasi Anda juga telat datang, ada kemungkinan bahwa Anda telah hamil. Segera cek kondisi dengan alat tes kehamilan atau langsung konsultasi dengan dokter Anda.

Munculnya flek setelah bercinta terkadang merupakan hal yang wajar dan sama sekali taka da sangkut pautnya dengan penyakit kelamin berbahaya. Namun, jika terjadi terus-terusan, konsultasi lansung dengan dokter merupakan satu-satunya pilihan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Orami.


shares