Dokter Spesialis Penyakit dalam Reumatologi di Jakarta Selatan: Ulasan Tentang Penyakit Tulang dan Osteoporosis

Dokter Spesialis Penyakit dalam Reumatologi di Jakarta Selatan: Ulasan Tentang Penyakit Tulang dan Osteoporosis

Reumatologi merupakan ilmu penyakit yang berhubungan dengan penyakit sendi, ligamen, tendon, otot dan jaringan halus. Reumatologi merupakan ilmu spesialis di bidang kedokteran yang akan memberikan penanganan untuk 150 jenis penyakit. Dokter spesialis penyakit dalam reumatologi di Jakarta Selatan akan membantu memberi diagnosa terkait masalah persendian maupun tulang jika mengalami beberapa jenis penyakit tulang terutama jika gejala yang ditimbulkan menimbulkan rasa sakit.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit pada tulang:

  • Osteoporosis merupakan penyakit yang terjadi karena keropos dan penurunan kepadatan massa dari tulang, hal ini akan membuat tulang menjadi lemah dan mudah padat, gejala yang ditimbulkan adalah kuku rapuh dan kekuatan genggaman menjadi lemah. Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita paruh baya.
  • Kelainan pada tulang belakang seperti lordosis merupakan kondisi yang menyebabkan tulang belakang melengkung pada bagian depan berlebihan sehingga mempengaruhi leher dan punggung bawah, kifosis dengan kondisi punggung lebih 50 derajat sehingga akan membuat postur tubuh menjadi membungkuk dan skoliosis dengan kondisi lengkungan punggung menyamping dengan bentuk S atau C.
  • Kista tulang merupakan benjolan yang berada di tulang dan sering menyerang remaja maupun anak, jika semakin membesar maka perlu penanganan khusus dan biasanya menyedot isi cairan dengan jarum khusus dan menyuntikkan obat ke tulang dan biasanya lubang yang terbentuk akan menjadi potongan tulang baru jika orangnya meninggal.

Selain itu, terdapat rakitis merupakan kelainan pada tulang yang menyerang anak-anak karena tidak tercukupinya vitamin D. Kelainan rakitis memberikan gejala berupa rasa sakit pada tulang panggul, kaki, lengan dan tulang belakang, pertumbuhan terhambat, mengalami kram otor, mengalami kelainan gigi dan munculnya kelainan bentuk pada bagian tulang dada yang terlihat menonjol. Osteomalacia merupakan penyakit kekurangan vitamin D dengan gejala nyeri yang tak hilang walaupun memiliki waktu istirahat yang cukup, nyeri tulang, nyeri dan pegal di bagian punggung bawah, tulang rusuk, pinggul dan kaki, rasa sakit pada hari seolah tertekan pada tulang.

Sebagaimana yang dibahas sebelumnya diatas, osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami ketika manusia mulai mengalami penuaan. Di Indonesia sekitar wanita berusia mulai dari 50 tahun setengahnya mengalami penurunan kepadatan tulang dan dari 70 hingga 80 tahun mengalami penyakit ini dibandingkan pria. Gejala dari osteoporsis adalah menurunnya tinggi badan, lebih mudah mengalami cedera, sakit punggung dan postur sedikit lebih menurun. Dengan resiko jika faktor genetik, pemakaian obat, malabsorpsi, mengonsumsi rokok dan alkohol, kondisi yang menyebabkan terjadi peradangan.

Berikut makanan untuk penderita osteoporosis:

  • Olahan susu rendah lemak maupun non lemak akan membantu menjaga kesehatan tulang begitu juga dengan olahan susu seperti keju dan yoghurt.
  • Sarden kaleng dan ikan salmon yang memiliki nutrisi baik dengan produk utuh dan bertulang dengan kalsium yang tinggi.
  • Lemak ikan dengan makanan yang baik untuk tulang.
  • Brokoli yang baik untuk kesehatan tulang sehingga akan menjaga kualitasnya karena memiliki kandungan mineral yang tinggi untuk tubuh.
  • Bayam dengan manfaat super yang dapat menguatkan tubuh dengan kepadatan dan ketahanan tulang sehingga akan membantu melawan osteoporosis.

Dapat juga mengonsumsi kentang yang mengandung potasium sehingga akan memberikan kesehatan dan kepadatan untuk gigi dan tulang. Jeruk dengan vitamin C akan membentuk kolagen yang sehat untuk, gigi, tulang dan kulit. Jika mengalami gejala yang tak kunjung reda maka dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam reumatologi di Jakarta Selatan.


shares