7 Tips Memilih Mainan Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak

7 Tips Memilih Mainan Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak memerlukan stimulasi agar bisa optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan mainan. Mobil mobilan pilihan yang bisa diberikan kepada anak Anda. Berikut tips memilih mainan terbaik untuk tumbuh kembang anak.

 

1. Sesuai Usia

 

 Anda sebaiknya memilih mainan untuk anak yang sesuai usianya agar bisa memberikan stimulasi terbaik pertumbuhan dan perkembangannya. Mainan yang cocok juga menjadi media untuk anak belajar. Anak pun tidak akan cepat merasa bosan dengan mainan yang diberikan.

 

2. Bahan Mainan

 

Dalam memilih mainan untuk anak Anda pastikan bahannya aman tanpa risiko membuat anak mengalami bahaya. Anda disarankan memilih bahan mainan yang ramah lingkungan karena terbuat dari plastik berkualitas yang mengandung PVC dan phthalates dalam jumlah sangat sedikit atau bahkan tidak ada.

Anda perlu mencari tahu bahan tersebut aman atau tidak jika terkena kulit bayi dan cari tahu apa risiko paling berbahayanya agar tidak salah memilih. Disarankan untuk memilih bahan mainan yang sudah memiliki sertifikasi SNI dan aman untuk dibersihkan agar tidak mudah dihinggapi kuman dan bakteri.

 

3. Kualitas Bahan Mainan

 

Ada banyak sekali mainan anak yang terjual secara online maupun offline. Anda harus super hati-hati agar bisa memberikan mainan yang tahan lama untuk dipakai dan kualitas keamanannya sudah diakui. Jadi, mainan tersebut bisa digunakan anak sampai usia yang memungkinkan sesuai kebutuhannya.

 

4. Kreatif dan Bernilai Edukatif

 

Jangan sampai salah memilih mainan karena akan berdampak di kemudian hari pada anak. Anda dirasakan untuk membeli mainan yang mendukung kreativitas anak. Selain itu mainan yang diberikan memiliki nilai edukatif terbaik untuk mendukung proses tumbuh kembang anak, sehingga anak bisa menjadi lebih aktif dan nantinya lebih cerdas.

 

5. Bebas Magnet

 

Tips berikutnya saat membeli mainan anak adalah bebas magnet karena bisa berisiko tertelan oleh anak. Selain magnet juga hindari membeli mainan yang banyak menggunakan baut, terutama jika anak masih berusia di bawah dua tahun.

 

6. Merangsang Imajinasi

 

Anda bisa memilih mainan anak yang dapat menstimulasi daya imajinasi anak. Jadi anak bisa bermain dengan leluasa. Ini juga akan sangat membantu untuk mendukung kecerdasan anak dan tidak membuatnya mudah bosan.

 

7. Ringan

 

Mainan yang disarankan untuk anak juga memiliki bobot ringan agar mudah dipegang. Apa lagi buat anak yang masih kecil, mainan dengan bobot ringan akan membuat anak bisa bermain dengan leluasa dan tidak kesusahan memegang mainannya.

Anda bisa membeli mainan anak di toko perlengkapan bayi secara online. Belanja di toko anak orami.co.id menjadi pilihan yang tepat di tengah pandemi ini karena Anda tidak perlu berada di keramaian dan bisa melakukan pembelian kapan saja. Anda bisa memilih mobil-mobilan yang tepat untuk anak atau pun mainan lainnya yang tersedia di website.


shares