5 Minuman Tradisional yang Bisa Jadi Obat Batuk untuk Bayi

5 Minuman Tradisional yang Bisa Jadi Obat Batuk untuk Bayi

Obat batuk untuk bayi pastinya ingin diketahui oleh setiap orang tua yang sedang mengalami si kecil yang sakit batuk. Soalnya tidak bisa dipungkiri pemberian obat yang mengandung bahan kimiawi seringkali mengkhawatirkan. Sekarang ini, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena ada minuman tradisional yang bisa dijadikan obat batuk tersebut. Berikut 5 minuman tersebut.

  1. Kecap dengan Jeruk Nipis

Bisa dibilang, kombinasi yang satu ini paling terkenal bagi semua orang untuk bisa mengatasi penyakit batuk yang dirasakan. Tidak terkecuali untuk para bayi yang juga mengalami masalah serupa. Cara membuatnya sendiri terbilang sangat mudah yaitu Anda hanya perlu melarutkan kecap manis dengan perasan jeruk nipis secukupnya. Hal ini bakal membantu meredakan batuk.

  1. Jeruk Nipis Hangat

Jeruk nipis memang sudah lama diketahui dengan manfaatnya yang mampu meredakan berbagai penyakit di tubuh. Tidak terkecuali penyakit seperti batuk yang dialami oleh si kecil. Salah satu cara memanfaatkannya adalah dengan menjadikan jeruk nipis tersebut menjadi minuman jeruk nipis hangat. Kandungan vitamin C yang tinggi bakal mampu mengatasi batuk pada bayi.

  1. Madu Hangat

Apabila Anda tidak ingin memberikan minuman yang terlalu asam kepada si kecil maka tidak perlu khawatir. Soalnya Anda bisa memanfaatkan madu untuk kemudian mengubahnya menjadi minuman madu hangat. Anda hanya perlu mencampurkan dua hingga tiga sendok madu murni ke dalam satu gelas air hangat. Kombinasi tersebutlah yang bakal meredakan batuk pada bayi.

  1. Minuman Jamur Kencur

Minuman tradisional berikutnya yang bisa dijadikan obat batuk untuk bayi adalah minuman jamur kencur. Tentunya nama minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Nyatanya minuman jamur kencur juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengatasi penyakit batuk pada si kecil. Terutama untuk mengatasi lendir yang ada di dalam tenggorokan.

  1. Wedang Jahe

Pilihan minuman tradisional terakhir yang bisa dijadikan obat bagi si kecil yang mengalami batuk adalah wedang jahe. Wedang jahe ini memang sudah lama dikenal dengan kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah tenggorokan tidak terkecuali batuk. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari manfaat besar yang dimiliki oleh bahan jahe yang ada di minuman ini sendiri.

Bagi Anda yang belum tahu, jahe mengandung minyak astiri yang bermanfaat untuk tenggorokan terutama dalam hal melegakan tenggorokan. Jadi bagi bayi yang sedang mengalami masalah tenggorokan terutama batuk, Anda bisa memberikan wedang jahe ini sesuai kebutuhan. Untuk manfaat yang lebih maksimal, disarankan untuk memberikannya di malam hari.

Jadi bagi Anda yang sedang memiliki buah hati yang mengalami masalah batuk jangan langsung diberikan obat yang mengandung bahan kimia. Soalnya berbagai minuman tradisional yang sudah disebutkan di atas bisa dijadikan obat batuk untuk bayi yang aman dan juga tentunya lebih mudah untuk dibuat.


shares